YUI

Yui adalah seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu yang sudah ternama, siapa sich yang tidak mengenal Yui?? wanina yang lahir di Fukuoka, Prefektur Fukuoka, 26 Maret 1987 ini merupakan penyanyi yang memiliki perjalanan hidup yang panjang.Berawal dari kelas 3 SMP Yui memulai menulis lirik lagunya sendiri. Yui yang bercita-cita sebagai penyanyi itu tak pernah lepas dari gitarnya kemanapun ia pergi. Sewaktu SMA, ia sering menyaksikan pertunjukan grup musik bianco nero di jalanan, sebelun akhirnya memutuskan untuk berhenti sekolah dan mulai belajar menyanyi, menulis lagu, dan memainkan gitar di kursus musik kota Fukuoka.
Yui mengawali karirnya sebagai seorang penyanyi dipinggir jalan. Sambil bersila di atas kasur, Yui memainkan gitarnya dan menulis lagu pertama yang diberi judul "Why me". Setelah itu, ia mulai menyanyi di pinggir jalan di kawasan Tenjin, Fukuoka sebagai atraksi pembuka bagi teman satu tempat kursus musik.
Kemudian pada bulan Maret 2004, dia mengikuti audisi "SD Audition" yang diadakan Sony Music Japan dan diapun termasuk dalam 10 orang yang terpilih.
Sambil duduk menyilangkan kaki di lantai, Yui bernyanyi sambil memetikan gitarnya.Dia menyanyikan 3buah lagu diantaranya; "Why me", "It's happy line", dan "I know", padahal waktu itu tiap finalis hanya boleh menyanyikan 2 buah lagu. Tetapi juri memberikan nilai yang sangat tinggi bagi Yui. Setelah itu, berbagai perusahaan rekaman menjadi saling berebut untuk mengontraknya. Lagu pertama yang dinyanyikannya, "Why Me" yang nantinya akan dijadikan single perdana, diikuti dengan "It's Happy Line" dan "I Know". Keduanya diterbitkan sebagai singel indie debutnya, "It's Happy Line" dengan lagu "I Know" di sisi B.
Yui menulis lagu "Feel My Soul" sebagai penghargaan kepada kampung halamannya,ketika meninggalkan kampung halamannya, Fukuoka. Seorang produser dari stasiun televisi Fuji TV mendengar video klip demo lagu tersebut, dan bermaksud menjadikannya sebagai lagu tema serial drama di Fuji TV. Debut single Yui, "Feel My Soul" yang dirilis 23 Februari 2006 kemudian dijadikan lagu tema serial drama Fukigen na Gene.
Serial drama tersebut dihiasi lagu-lagu Yui, seperti "Feel My Soul" dan "It's Happy Line". Singel "Feel My Soul" pun laku di atas 100 ribu keping, namun 3 singel berikutnya, "Tomorrow's Way", "Life", dan "Tokyo" ternyata tidak sesukses "Feel My Soul". Setelah merilis 4 buah single, album pertama Yui yang berjudul "From Me To You" dirilis bulan Februari 2006 dan laku di atas 200 ribu keping.
Sementara itu, Yui juga memulai karier aktingnya dengan membintangi film berjudul Midnight Sun (Taiyou no Uta) yang diputar di Festival Film Cannes 2006 dan dirilis di Jepang pada 17 Juni 2006. Single ke-5 nya yaitu "Good-bye Days" khusus ditulisnya untuk film Midnight Sun. Kepopuleran single Yui yang sebelumnya kembali terangkat setelah single ke-6, "I Remember You" diedarkan.
Singel ke-7 Yui "Rolling Star" dijadikan lagu pembuka seri ke-5 anime Bleach, tidak hanya itu singel ke-3 nya, "Life" juga dipakai sebagai lagu penutup seri ke-5 anime yang sama. Selain itu, iklan televisi ponsel KDDI layanan "au Listen Mobile Service" juga memakai singel ke-8 Yui, "CHE.R.RY" sebagai lagu temanya.
Sementara itu, album kedua, Can't Buy My Love menduduki puncak tangga album Oricon selama 2 minggu berturut-turut, dan laku lebih dari 500.000 keping.
"My Generation/Understand" yang merupakan single ke-9 dirilis pada 13 Juni 2007, sekaligus merupakan single pertama Yui yang berbentuk double A-side (dua lagu unggulan di sisi A). "My Generation" juga menjadi lagu tema untuk serial drama "Seitosho-kun", dan "Understand" menjadi lagu tema film "Sidecar ni Inu".
Singel ke-10, "Love & Truth", dirilis 26 September 2007, merupakan lagu tema dari film yang dibintangi oleh Erika Sawajiri, yang berjudul "Closed Note".


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar